Minggu, 15 Maret 2015

LOKOMOTIF EKONOMI KREATIF INDONESIA

Sejak dibentuknya Badan ekonomi kreatif oleh Pemerintah Republik Indonesia dan dilantiknya Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada tanggal 26 januari 2015 lalu. Masih banyak masyarakat awam yang masih belum memahami apa itu Ekonomi kreatif ?, Kenapa dibentuk ? dan apa-apa sajakah ekonomi kreatif itu?. Melalui tulisan ini mari kita bahas bersama apa itu ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai proses produksinya , disini dapat kita lihat bahwa ekonomi kreatif itu berisikan ide-ide yang bernilai komersial pada akhirnya hal ini sesuai dengan pernyataan Triawan munaf yang menyatakan arti ekonomi kreatif dengan penjelasan yang lebih sederhan,”ekonomi kreatif adalah tindakan untuk member nilai tambah atai Value kepada ide. Value itu bentukny bisa beragam, ada apresiasi, kesejahteraan dan juga komersial. Jadi dapat disimpulkan ekonomi kreatif ini menaungi industri-industri kreatif yang berasal dari ide manusia.
Untuk bidang-bidang yang ditangani bada ekonomi kreatif ini atau yang akan menjadi lokomotif ekonomi kreatif ini adalah bidang-bidang yang lahir dari ide dan karya yang bernilai tinggi. Seperti , Dunia Seni ( Seri peran, Perfilm-an, Musik, Photography, seni rupa ), Kuliner, Kriya, Online ( Digital Start up , Aplikasi dan Game Developer, Desain komunikasi visual ), Sastra fiksi seperti penerbitan novel, Fashion, Televisi dan Radio. Bidang-bidang seperti ini yang dulu-nya pemerintah belum aware walaupun mereka telah berkontribusi cukup banyak untuk perekonomian Negara dan sekarang dengan dibentuknya BEKRAF adalah bukti dari kepedulian pemerintahan terhadap Industri kreatif dalam negeri. Karena perkembangan Industri semakin meningkat, diberikanlah suatu lembaga yang akan menaungi serta menjadi wadah insane insane di Industri kreatif ini dengan memberikan kebijakan, apresiasi, kesejahteraan serta komersial atas karya dari insan Industri kreatif ini.
Di luar negeri Industri kreatif merupakan salah satu penggerak perekonomian suatu Negara, lihat saja Amerika dengan Hollywood-nya, Korea selatan dengan K-Pop yang mendunia, Irlandia dengan digital start up-nya dan banyak lagi, hal ini bisa berkembang adalah dampak dari besarnya dukungan pemerintah pada Industri kreatif tersebut sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi kreatif dan menyumbang juga dalam perekonomian Negara pastinya.
Dari beberapa lokomotif ekonomi kreatif yang menjadi prioritas utama saat ini adalah, Dunia seni peran, perfilm-an, fashion, digital start up atau online dan kuliner. Inilah lokomotif ekonomi kreatif yang sedang giat-giatnya menancapkan taringnya dalam meningkatkan kredibilitasnya dalam perekonomian Negara. Oleh karena itu BEKRAF hadir sebagai lembaga yang akan menangani setiap keinginan, permasalahan dan berbagai kebutuhan di Industri kreatif ini.

Dan terjawab sudah pertanyaan kita tentang ekonomi kreatif ini, semoga Badan pemerintah ini dapat berfungsi dan beroperasional sesuai dengan tujan pengembangan industri kreatif di negeri kita yang penuh dengan sumber daya yang mumpuni di bidangnya masing-masing. (by Aulia Rifani: 15032015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar